Ijin Pembuangan Limbah Cair

30 October 2012 | 13:31 WIB

Limbah cair adalah setiap bahan hasil samping kegiatan ekonomi, jasa atau proses produksi atau pemukiman yang masuk atau dimasukkan ke dalam sumber air dalam jumlah atau kandungan dan diduga dapat menurunkan perubahan kualitas sumber air.

Untuk penertiban pelaksanaan pembuangan Limbah Cair maka pemerintah Muara Enim membuat Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2004 tentang Izin Pembuangan Limbah Cair dan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 10 Tahun 2009 tentang Tata Cara Dan Syarat-Syarat Pengajuan Permohonan Izin Pembuangan Limbah Cair

Tujuan

  1. Izin Pembuangan Limbah Cair dimaksudkan untuk melakukan pengendalian terhadap pencemaran dari setiap kegiatan yang melakukan pembuangan limbah cair ke sumber-sumber air.
  2. Izin Pembuangan Limbah Cair bertujuan agar air yang terdapat di sumber-sumber air dapt dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan manusia serta untuk melindungi kelestarian hidup flora, fauna dan mikro organisme yang terdapat di dalam sumber-sumber air.

Sasaran

  1. Subjek Izin Pembuangan Limbah Cair adalah orang atau badan hukum yang mebuang limbah cair ke sumber air setelah melalui proses pengelolaan limbah cair sehingga memenuhi baku mutu tang telah ditetapkan.
  2. Objek Izin Pembuangan Limbah Cair adalah dari kegiatan industri, rumah sakit, hotel dan perusahaan pengelola limbah cair serta kegiatan usaha lainnya yang dapat menghasilkan dan melakukan pembuangan limbah cair ke sumber air kecuali limbah yang dihasilkan oleh kegiatan pemerintah dan rumah tangga perorangan.