Pemerintah Kabupaten Muara Enim Berhasil Meraih juara 1 penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik, Dalam Penyusunan Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

14 July 2017 | 08:53 WIB

Pemerintah Kabupaten Muara Enim kembali mengukir prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.kali ini Pemkab Muara Enim berhasil meraih juara 1 penghargaan sebagai kabupaten terbaik,dalam penyusunan Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah di Provinsi Sumatera selatan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdinbertepatan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia(HLHS) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di jakabaring Sport City, Palembang . Rabu (12/07). Penghargaan diterima Wakil Bupati H Nurul Aman SH, Mengapresiasi Setingginya pemerintah Muara Enim. Serta semua pihak yang mendukung untuk memajukan Muara Enim sebagai Kota dengan sistem pengolaan Lingkungan hidup daerah yang baik di Tingkat Provinsi Sumsel.

Tentunya hal ini tidak lepas dari peranan DLH (Dinas Lingkungan HidupMuara Enim) sebagai ujung tombak atas diraihnya penghargaan ini, kata Wabup H Nurul Aman mengaku banga dengan penyusun Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Terbaik I di Provindsi Sumatera Selatan . Untuk itu, ke depan Kabupaten Muara Enim bisa mempertahankan prestasi yang diraih ini dalam bidang lingkungan Hidup, Pesan Wabub Untuk diketahui Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup(PPLH) telah diatur didalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaaan lingkungan Hidup(PPLH) menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah harus mengembangkan sistem informasi lingkungan hidup dalam mendukung pelaksana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain itu, juga disebutkan bahwa sistem informasi lingkungan hidup paling sedikit memuat informasi  yang salah satunya adalah status lingkungan hidup (SLH) artinya merupakan bagian dari sistem informasi lingkungan hidup (SILH). Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Selain telah melaporkan Status Lingkungan Hidup indonesia (SLHI) setiap tahun nya. Sejak tahun 2002, KLH telah mendorong pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mengembangkan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). SLHD merupakan laporan tahunan dari pemerintah daerah kepada publik yang menggambarkan kondisi dan pengelolaan lingkungan hidup di masing-masing daereah.